AMBRIZAL TAK IKUT PAWAI LEBARAN

SITUASI pandemi Covid-19 membuat momentum lebaran Idul Fitri tahun ini menjadi berbeda. Seperti halnya diakui Ambrizal Umanailo, winger Barito Putera yang tak bisa ikut pawai selama tiga hari lebaran di Bacan, Halmahera.

Pawai atau ronda umumnya digelar meriah selama tiga hari berturut-turut, dengan memboyong obor mengelilingi Kota Bacan. Tak hanya menjadi perayaan kemenangan umat Muslim, terkadang pemeluk agama lain pun ikut serta dalam euforia ini.

“Khususnya di Bacan, ada tradisi setiap hari pertama sampai hari ketiga lebaran, selalu ada ronda-ronda sore sampai malam mengelilingi kota, diikuti anak-anak kecil bahkan orang dewasa menggunakan sepeda, motor dan mobil,” papar Ambrizal Umanailo.

Hanya saja, pandemi virus Corona membuat pawai ini ditiadakan. Sebab, virus dapat dengan mudah menyebar di kerumunan massa, dan sulit dideteksi. Alhasil, pemerintah setempat memilih untuk meniadakan agenda pawai obor di Bacan.

“Adanya wabah ini, kegiatan itu dilarang pemerintah setempat, karena itu merupakan kerumunan warga. Paling hanya ada salat Ied sama silaturahmi keluarga di lebaran tahun ini,” tambah pesepakbola 23 tahun itu.

Jika biasanya masyarakat akan disibukkan dengan menyiapkan makanan khas lebaran, seperti ketupat atau menu lainnya, namun Ambrizal mengaku tidak memiliki menu khusus untuk menyambut Idul Fitri tahun ini.

“Untuk makanan, di sini tidak ada yang spesial, semua sama saja. Setiap lebaran tentu ada kue-kue, sama mungkin masak masakan yang beda dari hari biasanya saja,” pungkasnya. (*)

Reporter : Martini
Foto : Dok
Editor : Ardasa

error: Content is protected !!
Visit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram