PSSI MAKSIMALKAN SSB

DIREKTUR Teknik PSSI, Indra Sjafri mengaku ingin memaksimalkan potensi Sekolah Sepak Bola (SSB) di seluruh Indonesia, untuk penjaringan pemain muda potensial hingga nantinya dapat membela Tim Nasional.

Sebagai mantan pelatih yang terkenal dengan metode ‘blusukan’ saat scouting pemain, Indra Sjafri bersama PSSI kini ingin menjangkau pemain muda dari berbagai daerah yang umumnya dibina oleh SSB.

“Pengalaman saya blusukan dari Sabang sampai Merauke, saya nggak hubungi Ketua Asprov, dia tidak tahu kantong-kantong pemain ada di mana. Saya temui orang yang mau berjuang dari dasar,” ujar Indra Sjafri dalam konferensi Rencana Pengembangan Departemen Teknik PSSI, Rabu (15/07).

Sepanjang dua tahun terakhir, terbukti jika SSB menjadi penyumbang banyak pemain muda di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1. Sementara PPLP sebagai wadah bentukan Menpora, nampaknya belum ada di level yang memuaskan untuk pembinaan cabor sepak bola.

“Saya harap SSB juga diperhatikan, karena PSSI sudah ada di tiap kabupaten. Elite Pro ambil pemainnya dari SSB, sementara PPLP yang punya biaya besar, hanya ikut kompetisi antar PPLP dan itu pun setahun sekali.”

Dengan perhatian penuh kepada SSB selaku wadah pembinaan pemain muda di tingkat paling dasar, Indra Sjafri berharap tim sepak bola profesional menganggap akademi mereka sebagai kebutuhan, yang nantinya menjadi cikal bakal pemain pro di klub.

“Energi terbesar sepak bola Indonesia adalah SSB, karena sejauh ini Elite Pro Academy pun dianggap sebagai pelengkap klub, padahal di Eropa, akademi itu kebutuhan,” tutup Indra.

Senada dengan upaya Indra Sjafri dan PSSI untuk memaksimalkan SSB, Barito Putera juga telah melakukan upaya serupa, salah satunya dengan ajang Hasnur Media Citra (HMC) Cup U-16 2020 yang diikuti oleh 29 tim dan SSB se-Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Bahkan beberapa waktu lalu, SSB Junior 2000 Banjarmasin juga terpilih sebagai tim favorit di Samarinda Soccer International Cup. Hal ini semakin membuka peluang anak Banua untuk menjadi pemain sepak bola profesional di Liga 1 dan Timnas Indonesia.

Reporter : Ucok
Fotografer: Dokumen
Editor : Ardasa

Share Berita
error: Content is protected !!
Visit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram