YOGI KEMBALI, SUBHAN BERTAHAN

PANDEMI virus corona, semakin merontokan tatanan kompetisi dan pembinaan sepak bola di seluruh dunia.Putusan The FA Inggris menghentikan seluruh laga sepak bola turut berdampak terhadap skuat Garuda Select yang membatalkan sejumlah laga uji coba. Dua penggawa muda Barito Putera, Yogi Hermawan dan Subhan Fajri akhirnya memilih jalan yang berbeda untuk mengisi kekosongan jadwal.

Yogi Hermawan memilih untuk kembali lebih cepat, dan sudah tiba di Indonesia pada Sabtu (21/03) lalu. Kedatangannya ke Tanah Air, awalnya hanya untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Muhammadiyah Banjarmasin. Namun belakangan, pandemi virus Corona juga membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memutuskan untuk menghapuskan UNBK 2020.

“Iya tanggal 20 Maret saya balik, terus tanggal 3 April balik (ke Inggris) lagi. Yang balik buat ikut UN tahun ini ada saya, Bramdani, Risky Sudirman, Dodi Irawan sama Fajar Fathurrahman. Kalau saya kebetulan baliknya ke Banjarmasin. Kurang tahu (kalau UNBK ditunda), tapi saya sudah dikasih ujian online. UN doang yang tadinya harus hadir di sekolah,” ucap Yogi Hermawan.

Beda halnya dengan Yogi, Subhan Fajri justru memilih bertahan di Inggris dan melanjutkan program Garuda Select. Meski tidak ada jadwal uji coba, namun pemain sayap Barito Putera U-16 itu mengaku masih memiliki agenda latihan yang diberikan oleh pelatih Dennis Wise dan Des Walker. Program pembinaan sepak bola usia muda masih tetap dilangsungkan hingga bulan April 2020 mendatang.

“Selama nggak ada pertandingan, kami pastinya tetap fokus sama latihan, dan tiap minggu kalau misalnya ada jadwal pertandingan yang batal, kami langsung adakan pertandingan internal bersama pelatih. Kami bertanding antara tim Merah sama tim Putih, 11 vs 11. Kalau balik ke Indonesia, ada kemungkinan kita bakal balik lebih cepat, tapi ada kemungkinan juga baliknya lebih lama dari target Garuda Select, harusnya sih tanggal 23 April nanti,” jelas Subhan.

Selain Yogi Hermawan dan Subhan Fajri, masih ada dua penggawa Barito Putera yang mengikuti program Garuda Select di Inggris, yakni David Maulana dan Bagus Kahfi. David masih terus dipercaya tim pelatih untuk mengemban ban kapten, sementara Bagus Kahfi harus menepi usai operasi pemulihan cedera patah tulang kaki. Ia diprediksi akan kembali merumput dalam delapan bulan mendatang.

Reporter : Martini
Fotografer : Program Garuda Select
Editor : Ardasa

error: Content is protected !!
Visit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram